Terimakasih Atas Kunjungan Anda Sytalo Poenya: “SISTEM INFORMASI PEMBAGIAN SISA HASIL USAHA PADA CU.KOPDIT MERDEKA” {Part I}

Rabu, 01 Agustus 2012

“SISTEM INFORMASI PEMBAGIAN SISA HASIL USAHA PADA CU.KOPDIT MERDEKA” {Part I}


BAB I
PENDAHULUAN



1.1   Latar Belakang Kerja Praktek
    Kerja Praktek (KP) merupakan suatu sarana simulasi bagi para mahasiswa untuk melihat dan merasakan dunia kerja yang nyata, disamping itu KP juga berfungsi sebagai tempat penerapan berbagai disiplin ilmu yang telah diperoleh dari lembaga pendidikan formal.
    Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK) Budidarma Medan merupakan salah satu lembaga pendidikan formal, menyadari sepenuhnya bahwa dalam dunia kerja nyata yang dibutuhkan bukan hanya pemahaman akan teori semata melainkan juga diimbangi dengan skill dan kemandirian yang mantap sehingga setiap mahasiswa yang lulus dari STMIK Budidarma Medan menjadi generasi yang berguna bagi Nusa dan Bangsa.
    KP adalah syarat penting dalam kurikulum setiap jurusan di STMIK Budidarma Medan dan mahasiswa diharuskan mengikuti KP. Adapun tempat pelaksanaan Kerja Praktek yang penulis pilih adalah CU.KOPDIT MERDEKA yang berada di desa Merdeka, Kec. Merdeka Kab.Karo.
    CU.KOPDIT MERDEKA merupakan salah satu lembaga keuangan yang berfokus kepada proses simpan pinjam, pendidikan kepada masyarakat,pembagian sisa hasil usaha.
    Sisa hasil usaha yaitu selisih dari semua pemasukan atau penerimaan total (total revenue (TR)) dengan biaya-biaya atau total biaya(total cost(TC)) dalam satu tahun buku. Perlu diketahui  penetapan besarnya pembagian kepada para anggota dan jenis serta jumlahnya untuk keperluan lain, di tetapkan oleh Rapat  Anggota Koperasi. Dalam hal ini, jasa usaha mencakup transaksi usaha dan pertisipasi modal.
  Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk membahas dan mengambil permasalahan tersebut  menjadi sebuah Laporan Kerja Praktek  dengan judul “SISTEM INFORMASI PEMBAGIAN SISA HASIL USAHA PADA CU.KOPDIT MERDEKA”.

1.2  Tujuan Kerja Praktek (KP)
            Era globalisasi dan dunia digital yang berkembang sangat pesat saat ini menuntut setiap lulusan perguruan tinggi harus memiliki potensi diri yang didukung oleh skill dari mahasiswa yang bersangkutan, oleh sebab itu STMIK Budidarma Medan dalam hal ini khususnya pada  Program Studi Teknik Informatika mengadakan Kerja Praktek agar setiap mahasiswa Teknik Informatika dapat bersaing dengan mahasiswa lainnya. Adapun tujuan Kerja Praktek adalah sebagai berikut :
1.      Memperoleh wawasan sehingga dapat mengembangkan disiplin ilmu yang dimiliki dengan kebutuhan didunia kerja nantinya.
2.      Kemampuan untuk bersosialisasi atau beradaptasi dengan situasi kerja yang sebenarnya.
3.      Membandingkan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah dengan yang ada di lapangan.
4.      Membina kerja sama yang baik antara pihak kampus yang bersangkutan sebagai lembaga instansi pendidikan dengan instansi atau dengan perusahaan yang terkait.
5.      Sebagai bahan perlindungan bagi mahasiswa untuk melihat secara nyata lingkungan pekerjaan dan kaitannya dengan teori dan praktek yang telah dilakukan di perkuliahan.


1.3 Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang uraian di atas, maka penulis mencoba merumuskan masalah yang akan dibahas yaitu : Bagaimana tata cara perusahaan dalam menyalurkan pembagian sisa hasil usaha kepada para anggotanya?

1.4  Manfaat Kerja Praktek
            Banyak hal yang dapat diperoleh dari Kerja Praktek yang penulis lakukan selama berada di CU.KOPDIT MERDEKA baik dari segi ilmu pengetahuan serta teknologi maupun dari segi sosial. Manfaat Kerja Praktek adalah sebagai berikut :
1.      Dapat mempraktekkan secara langsung prosedur-prosedur dalam pembagian sisa hasil usaha yang dilakukan di CU.KOPDIT MERDEKA.
2.      Dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari bangku pendidikan yang merupakan acuan dalam pelaksanaan kerja.
3.      Membuka cakrawala berfikir manusia, serta memperluas akses untuk memperoleh informasi yang berharga.
4.      Membiasakan diri bertanggung jawab atas segala tugas yang dibebankan.




1.5  Metode Pengumpulan Data
Adapun Metode pengumpulan data yang digunakan penulis untuk menyelesaikan Laporan Kerja Praktek ini adalah sebagai berikut :
1.      Studi Lapangan
Merupakan studi yang dilakukan secara langsung ke lapangan yang merupakan sumber dari data. Dalam hal ini penulis langsung melakukan pengumpulan data dari CU.Kopdit Merdeka. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah sebagai berikut :
a.       Wawancara (Interview)
Dalam hal ini penulis melakukan wawancara dengan petugas yang berwenang yang menangani masalah pembagian sisa hasil usaha pada CU.Kopdit Merdeka.

b.      Pengamatan (Observasi)
Dalam hal ini penulis melakukan pengamatan secara langsung ke lapangan dan mengambil kesimpulan tentang data-data yang dipelajari.

2.      Studi Kepustakaan
Merupakan metode yang dilakukan penulis dengan cara mengumpulkan data-data yang bersifat teoritis yang erat hubungannya dengan penulisan Laporan Kerja Praktek. Dalam hal ini penulis melakukannya dengan membaca buku-buku, bahan kuliah, internet serta tulisan yang berhubugan dengan studi ini.



1.6  Sistematika Penulisan
            Adapun sistematika penulisan yang masing-masing dirinci dalam beberapa sub bab, yaitu :
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab ini dijelaskan mengenai latar belakang masalah yang akan membahas permasalahan secara umum, tujuan KP yang berkaitan dengan topik permasalahan , rumusan masalah yang membahas judul dan topik permasalahan,  manfaat KP yang membahas manfaat yang diperoleh, baik bagi instansi ataupun penulis dan metode pengumpulan data yang membahas bagaimana penulis memperoleh data yang diperlukan, serta sistematika penulisan laporan sehingga permasalahan tersebut memiliki titik focus dan tidak mengambang dari judul yang dibuat.
BAB II : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam bab ini dijelaskan/menguraikan tentang gambaran umum perusahaan, struktur organisasi perusahaan.
BAB III : LANDASAN TEORI
Dalam bab ini dijelaskan mengenai landasan teori yang membahas pemecahan masalah secara teoritis yaitu teori-teori yang berkaitan dengan penyelesaian permasalahan dan menjelaskan tentang kesimpulan yang dimulai dari kumpulan-kumpulan teori yang merupakan penyelesaian permasalahan berkenaan dengan topic dan fokus kajian.
BAB IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN
Dalam  bab ini dijelaskan tentang ruang lingkup sistem informasi pembagian sisa hasil usaha.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Dalam bab ini menguraikan tentang kesimpulan-kesimpulan dan saran-saran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar